Senin, 17 Juli 2017

10 Manfaat Kesehatan Di Balik Segarnya Timun

Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai banyak manfaat. Manfaat timun ternyata tidak hanya untuk kecantikan, tetapi manfaat timun juga bisa anda peroleh untuk kesehatan. Di dalam timun terkandung banyak nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan anda antara lain, magnesium, kalium, kalsium, serat, vitamin, kalori, dan masih banyak yang lain. Tetapi walaupun banyak manfaat timun yang bisa anda peroleh, tidak berarti anda harus mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena mengkonsumsi timun secara berlebihan juga tidak baik untuk tubuh anda, sebab ada sebagian orang yang mengalami kerontokan rambut serta alergi karena mengkonsumsi timun secara berlebih.

Berikut manfaat timun yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan anda, diantaranya :
1. Mencegah kanker
Dengan rutin mengkonsumsi timun, anda akan mendapatkan manfaat timun yaitu dapat mencegah anda mengalami penyakit kanker. Ini karena kandungan antioksidan dalam timun mampu menangkal radikal bebas, serta mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

2. Mencegah hipertensi
Manfaat timun berikutnya yaitu dapat mencegah hipertensi. Kandungan kalium dan potassium dalam timun mampu mengurangi kadar natrium dalam tubuh, kadar natrium yang berlebihan dapat menjadi penyebab anda mengalami hipertensi.

3. Menyehatkan tulang
Kandungan vitamin K dalam timun mampu menjaga kesehatan tulang anda. Sehingga akan mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis terutama bagi anda para wanita.

4. Melancarkan pencernaan
Bagi anda yang sering mengalami masalah pencernaan, anda bisa mencoba rutin mengkonsumsi timun. Karena dengan rutin mengkonsumsi timun dapat menghilangkan semua racun yang ada dalam usus anda. Sehingga dapat mencegah anda mengalami sembelit serta masalah pencernaan yang lain.

5. Menyehatkan sendi
Menyehatkan sendi juga merupakan salah satu manfaat timun. Kandungan nutrisi dalam timun mampu menurunkan kadar asam urat di darah anda. Sehingga dengan kadar asam urat yang terkontrol,  akan menghindarkan anda dari nyeri di bagian sendi. Ini karena biasanya masalah di bagian persendian disebabkan karena naiknya kadar asam urat tubuh anda.

6. Meningkatkan daya ingat
Timun mengandung fisentin yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel saraf, serta mampu meningkatkan daya ingat. Sehingga akan mengurangi resiko anda menderita kepikunan saat tua. Manfaat timun yang lain juga dapat mencegah anda menderita Alzheimer.

7. Menurunkan berat badan
Manfaat timun juga baik untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan kalori yang rendah serta serat yang tinggi dalam timun, mampu melancarkan pencernaan. Serta membuat anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

8. Menghilangkan bau mulut
Masalah bau mulut memang sangat mengganggu, karena dengan memiliki bau mulut akan mengurangi rasa percaya diri anda. Untuk mengatasi itu, anda bisa menggunakan manfaat timun untuk mengatasi bau mulut anda. Caranya, anda letakkan irisan timun di Langat-langit mulut selama 30 detik. Kandungan fitokimia dalam timun mampu membunuh bakteri penyebab terjadinya bau mulut.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan vitamin C dalam timun mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda. Sehingga akan melindungi anda dari serangan penyakit, yang disebabkan karena radikal bebas.

10. Menyembuhkan sakit kepala
Untuk menyembuhkan sakit kepala, anda bisa mengkonsumsi timun sebelum anda tidur. Kandungan elektrolit dan vitamin B dalam timun, mampu membantu dalam rehidrasi nutrisi tubuh serta mengurangi sakit kepala yang anda rasakan. Selain itu, manfaat timun juga dapat menyembuhkan mabuk karena alkohol. Sebab kandungan dalam timun mampu menghilangkan racun yang terdapat dalam minuman beralkohol.

Demikian sedikit penjelasan tentang manfaat timun, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.