Rabu, 28 Februari 2018

Cara Mudah Memperbaiki Kartu Memori Yang Rusak Atau Tidak Terbaca

Pentingnya kehadiran memory card pada suatu  ponsel menuntut setiap orang untuk memperhatikan keadaannya. Sebab tak jarangkali memory card rusak sebab berbagai persoalan, semacam rusak sebab tak bisa diformat, rusak sebab tak terbaca sama sekali, timbul notifikasi minta di format, dan kartu memori rusak total.

Tentu saja bila kartu memori pada ponsel kami telah rusak, kami bakal berfikir untuk membeli yang baru saja. Tapi jangan terburu buru untuk membuang SD Card yang rusak. Sebab belum pasti kartu memori tersebut benar benar rusak, dan tetap bisa diperbaiki dan bisa dipakai kembali.

Tetapi memori card biasanya tak jarang memperoleh persoalan semacam tak terbaca bahkan rusak. Mungkin kamu para pemakai SD card sempat mengalami persoalan semacam ini. Apabila kartu memori yang dipakai tak terbaca pasti bakal menyebabkan tak sedikit kesusahan bagi pemakainya. Bayangkan kamu tak bakal bisa memindahkan data ada di dalam memori tersebut apalagi apabila nyatanya ada data yang penting di dalamnya.

1. Memeriksanya lewat komputer PC
Apabila tutorial membenahi kartu memori yang rusak yang pertama tak sukses, maka Kamu bisa memeriksanya lewat komputer PC. Kamu bisa memakai 2 tutorial yaitu dengan menghubungkan ponsel Kamu langsung memakai kabel USB alias dengan melepas kartu memori dan memasukkannya ke dalam card reader. Apabila memakai tutorial pertama, maka cek layar ponsel apakah telah terhubung lewat Mass storage mode alias belum. Lewat Windows Explorer, klik kanan Drive kartu memori Anda. Pilih menu Properties, lalu Tools, dan Error Checking. Seusai proses berakhir, Kamu bisa meng-eject kartu memorinya. Cek apakah kartu memori telah bekerja kembali alias belom.

2. Membersikan memori card
- Keluarkan kartu memori dan bersihkan lempeng tembaga yang berwarna kuning ke emasan.
- Kemudian gosok lempeng tersebut memakai penghapus pensil (warna apa saja bisa asalkan bersih), gosokan pelan pelan dan jangan hingga terkena kulit anda supaya tak mengotorinya lagi.
- Selanjutnya tinggal masukan ke slot memori card ,apakah telah terbaca alias belum? Kalau tetap belum, anda gunakan tutorial yang kedua ini.

3. Format dari Android
Cara kedua yang bisa diperbuat untuk membikin kartu memori kembali terdeteksi merupakan dengan memformatnya dari perangkat Android.
Caranya, masuk ke menu Setting kemudian pilih alternatif Storage. Di dalam menu tersebut, tersedia alternatif Erase SD card. Dengan menghilangkan SD card, kamu bisa membikin memorinya bersih semacam baru dan memori pun bisa dibaca kembali.

4. Format dari PC
Apabila kartu memori (micro SD) terbaca dan terkesan baik-baik saja di komputer tetapi tak terbaca di Android, kamu bisa membuka folder baru di HardDisk untuk mem-backup isi kartu memori yang rusak.

Kemudian, Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder tadi. Apabila telah tersalin semua, format kartu memori tersebut. Kemudian, kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang telah diformat.