Senin, 20 Agustus 2018

Tips Seru Membuat Kue Kering Bersama Si Kecil

Selama seminggu penuh waktu telah habis di kantor, bekerja, dan minim di rumah. Oleh karenanya, perlu untuk meluangkan satu hari waktu libur untuk bersama anak. Anda bisa mengisi waktu dengan membuat kue kering bersama. Berikut tips membuat kue di rumah bersama anak agar bisa menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk anak.
kue kering

Pilihlah Resep yang Mudah
Jangan samakan ketika memasak sendiri dan bersama anak. Ketika memasak sendiri Anda bisa memilih resep apa saja, bahkan resep yang rumit. Namun, hal ini tidak bisa disamakan ketika memasak dengan si kecil. Anda harus memilih resep kue yang lebih sederhana.
Anak akan senang jika ikut membantu memasak. Anda bisa memilih resep cookies coklat, kue nastar, atau kue semprit dengan bahan yang sederhana. Biarkan si kecil ikut membuat adonan, mencetak kue, atau memasukkan susu dalam wadah.

Pakailah Celemek
Proses memasak bersama anak akan membuat dapur Anda semakin kotor termasuk baju yang dikenakan. Solusinya, Anda dan buah hati harus memakai celemek. Selain menghindari kotor, juga lebih terlihat memasak sungguhan. Si kecil juga akan belajar dalam memasak juga dibutuhkan kebersihan.

Memperkenalkan Setiap Bahan Kue
Saat membuat kue kering dengan si kecil, Anda harus mengenalkan setiap nama bahan kepada anak. Bahkan terkadang mereka yang terlebih dulu bertanya kepada Anda. Hal ini juga bisa melatih daya ingat anak. Kenalkan setiap bahan secara perlahan agar dia bisa hafal.

Berikan Kesempatan Si Kecil Memilih
Anak akan senang jika keputusannya dipakai. Pasti akan ada kebanggaan tersendiri dalam benaknya. Sehingga Anda harus bertanya dulu kepadanya jenis kue kering apa yang akan dibuat. Selain itu Anda juga bisa bertanya bentuk apa yang disukai, rasa yang disukai, maupun cetakan mana yang akan dipakai. Anak akan senang jika dirinya diperhatikan.

Antisipasi Kekacauan
Memasak dengan si kecil pasti akan terjadi kekacauan. Dapur Anda kan menjadi kotor dan berantakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda harus menyiapkan handuk basah untuk membersihkan meja, dan tong sampah khusus di dekat Anda dan anak. Sehingga jika ada kotoran, bungkus plastik, atau tepung yang tumpah bisa segera dibersihkan.

Memberikan Nama Kue yang Unik
Keseruan akan terjadi di dapur saat Anda dan si kecil berpikir nama yang tepat untuk kue yang dibuat. Anak juga bisa memberikan nama untuk masakan ini. Anda bisa menggunakan nama yang lucu dan unik, misalnya ulat kecil manja, putri salju power sugar, dan lain sebagainya.

Gunakan Wadah Ramah Anak
Ketika memasak dengan anak, sebaiknya wadah yang Anda gunakan serta peralatan lainnya tidak berbahaya untuk anak. Sebaiknya gunakan barang dari melamin, plastik, dan hindarkan benda tajam seperti gunting, pisau, dan silet dari anak Anda. Berikan pekerjaan yang aman misal mencetak kue, menggulung adonan, atau mencampur tepung. Jauhkan juga dari kompor.

Membersihkan Dapur Bersama
Setelah memasak bersama si kecil, dapur akan kotor dan pasti banyak cucian menumpuk. Sebagian besar ibu hanya membersihkan sendiri dan justru takut kalau ditemani si kecil. Alasannya beragam, mulai takut tambah berantakan hingga menambah waktu untuk mencuci piring. Membersihkan dapur bersama si kecil kan tambah seru dan bisa mengajarkannya kebersihan.

Membuat kue kering dengan anak akan menjadi menyenangkan sekaligus menghabiskan waktu yang panjang. Jika Anda orang yang tidak punya waktu seperti saya tapi ingin makan kue kering, biskuit, atau snack lain bersama anak maka Anda bisa membelinya di lemonilo.com. Kue bisa juga dikerasi dengan toping.